Minggu, 04 Desember 2011

SAP (Satuan Acara Penyuluhan ) Tentang GIZI

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Diagnosa: kurangnya pengetahuan tentang Gizi pada desa cina  Khususnya RT (10,11,12,13) berhubungan dengan kurangnya informasi 
 
Topic penyuluhan                   : Penyuluhan  Kesehatan Gizi
Tempat                                  : Majelis Al-Amin RT 12
Sasaran                                 : Warga RW 02 Desa Cinangnen
Hari/tanggal                           :
Alokasi waktu penyuluhan      : 30 Menit



 
Tujuan intrasional umum (TIU)
Tujuan intrasional khusus (TIK)
Materi
Setelah dilakukan tindakan kesehatan selama 1 x 30 menit, diharapkan warga RW 02 desa cinangneng mampu menjelaskan tentang gizi  dengan benar.
Setelah dilakukan pendidikan kesehatan selama 1 x 30 menit diharapkan warga RW 02 desa cinangneng mampu :
1.      Menyebutkan pengertian Gizi  dengan benar.
2.      Menjelaskan tentang penyebab dari penyakit kekurangan gizi  dengan benar.
3.      Menjelaskan factor-faktor penyakit kekurangan gizi dengan benar.
4.      Menjelaskan gejala utama kekurangan gizi  dengan benar.
5.      Mendemontrasikan diskusi dan metode tentang gizi dengan benar.
1.      Pengrtian
2.      Tanda dan gejala
3.      Etiologi
4.      Komplikasi




Metode
Alat bantu/media
Evaluasi
Mendemontrasikan metode
Lembar balik, leaflet,Vidio,LCD,flowcart,
1.      Sebutkan pengertian gizi dengan benar
2.      Jelaskan penyebab dari kekurangan gizi   dengan benar
3.      Jelaskan factor factor kekurangan gizi dengan benar.
4.      Jelaskan gejala utama dari kekurangan gizi.
5.      Mendemontrasikan diskusi dan metode tentang gizi dengan benar.

Proses kegiatan belajar mengajar


No
Kegiatan


Alokasi waktu
Perawat
Warga RW 02 desa cinangneng
1.
1. memperkenalkan diri
2. salam teraupetik
3. menjelaskan tujuan tentang gizi
4. menjelaskan kontrak waktu
- mendengarkan
- menjawab
5 menit
2.
1. menjelaskan tentang gizi 
   
2. mendemontrasikan dan        metode tentang gizi
3. memberikan kesempatan
    pasien
    bertanya
4. menjawab pertanyaan pasien
- mendengarkan
- bertanya
- menyimak
- mendemontrasikan makanan dan buah-buahan yang mengandung gizi
20 menit
3.
1. menyimpulkan materi tentang gizi
2. memberikan pertanyaan
    Tentang gizi
    materi yang telah diajarkan
3. kesimpulan
4. salam perpisahan / teraupetik
dengan warga RW 02 desa cinangneng
- mendengarkan
- menjawab
- menyimak
- menjelaskan materi yang
  telah    
  diberikan
5 menit



     A.      Pengertian
Kata gizi berasal dari kata Arab “ghidza” yang berarti makanan. Menurut WHO gizi sebagai ilmu yang mempelajari proses yang terjadi pada organisme hidup.proses tersebut mencakup pengambilan dan pengolahan zat padat dan cair dari makanan yang diperlukan untuk memelihara kehidupan, pertumbuhan dan berfungsi sebagai organ tubuh dan menghasilkan energi.

    B.      Penyebab dari kekurangan gizi
Penyebab dari kekurangan gizi adalah kurangnya asupan makanan yang mengandung gizi contoh seperti makanan-makanan yang mengandung gizi, lauk pauk terutama pada usia anak-anak terganggu pada pertumbuhannya, dapat menyebabkan penyakit-penyakit lainnya yang mengakibatkan kegawatdaruratan yang bisa mengancam kesehatan.

    C.      Gejala utama dari kekurangan gizi
Gejala utama dari kekurangan gizi adalah orang tersebut dapat dilihat dengan jelas terutama pada fisik seperti badan tampak kurus, mata cekung, perut buncit.mudah pucat,mudah lelah,malas beraktivitas cengeng pada anak kecil secara garis umumnya mudah terserang penyakit.

    D.      Pencegahan dan cara penanggulangan gizi
Pencegahan dan cara penanggulangan gizi dengan cara makan-makanan yang bergizi tetapi tidak perlu mewah contohnya, makanan tahu, tempe, telur,sayuran,ikan.


Referensi
      

Alpers, D.H, W.F.Stenson, D.M. Bier. 1995. Manual of Nutritional therapeutics. Boston. Little, Brown and company.
Muhilal.Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan. Gizi Indonesia 1993,18(1/2):1-28.
 Suhardjo.(1990).Petunjuk Laboratorium Penilaian Keadaan Gizi Masyarakat.PAU Pangan dan Gizi IPB.